PROGRAM TAHUNAN | ||||
Mata Pelajaran | : Matematika | |||
Kelas / Semster | : V / I (Satu) | |||
Tahun Ajaran | : 2009/2010 | |||
Semester | No | Materi Pokok / Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
I | 1 | Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | ||
1.1 | Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat- sifatnya, pembulatan, dan penaksiran | 5 x 35 Menit | ||
1.2 | Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | 5 x 35 Menit | ||
1.3 | Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | 10 x 35 Menit | ||
1.4 | Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | 5 x 35 Menit | ||
1.5 | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | 5 x 35 Menit | ||
2 | Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah | |||
2.1 | Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | 5 x 35 Menit | ||
2.2 | Melakukan operasi hitung satuan waktu | 5 x 35 Menit | ||
2.3 | Melakukan pengukuran sudut | 5 x 35 Menit | ||
2.4 | Mengenal satuan jarak dan kecepatan | 10 x 35 Menit | ||
2.5 | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | 5 x 35 Menit | ||
3 | Menghitung luas bangun datar sedernaha dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | |||
3.1 | Menghitung luasa trapesium dan layang -layang | 5 x 35 Menit | ||
3.2 | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | 5 x 35 Menit | ||
4 | Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | |||
4.1 | Menghitung volume kubus dan balok | 10 x 35 Menit | ||
4.2 | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok | 5 x 35 Menit | ||
Salatiga........................ | ||||
Mengetahui | Guru Mapel | |||
Kepala Madrasah | Matematika | |||
Drs. Masyhudi | Ruchani, S.PdI | |||
NIP. 196311242000121001 | NIP. | |||
PROGRAM TAHUNAN | ||||
Mata Pelajaran | : Matematika | |||
Kelas / Semster | : V / II (Dua) | |||
Tahun Ajaran | : 2009/2010 | |||
Semester | No | Materi Pokok / Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
II | 5 | Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | ||
5.1 | Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya | 10 x 35 Menit | ||
5.2 | Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan | 10 x 35 Menit | ||
5.3 | Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan | 15 x 35 Menit | ||
5.4 | Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | 15 x 35 Menit | ||
6 | Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun | |||
6.1 | Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar | 5 x 35 Menit | ||
6.2 | Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang | 5 x 35 Menit | ||
6.3 | Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana | 10 x 35 Menit | ||
6.4 | Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri | 5 x 35 Menit | ||
6.5 | Menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | 10 x 35 Menit | ||
Salatiga........................ | ||||
Mengetahui | Guru Mapel | |||
Kepala Madrasah | Matematika | |||
Drs. Masyhudi | Ruchani, S.PdI | |||
NIP. 196311242000121001 | NIP. |
KKG MI Kota Salatiga merupakan perkumpulan kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah se-kota salatiga yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru baik dalam bidang pedagogik maupun sosial.
Sabtu, 19 Juni 2010
PROTA MATEMATIKA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar