PETUNJUK KHUSUS :
Jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut dengan jawaban yang paling tepat !
ÏM»tÍqßJø9$$sù , kata yang tepat untuk kelengkapan potongan surat Al- ….1
‘Adiyat ayat ke-2 di atas adalah….
a | $ºèøHsd | | |
b. | $\èø)tR | | |
c. | $\Û÷6ß¹ | | |
d. | %Znôs% | | |
óOs9r&-8uô|¹-÷yuô³nS, ayat di samping bila disusun menjadi ayat yang benar- y7s9 2
adalah….
a. | óOs9r& ÷yuô³nS y7s9 x8uô|¹ |
b. | óOs9r& ÷yuô³nS y7s9 x8uô|¹ |
c. | y7s9 x8uô|¹óOs9r& ÷yuô³nS |
d. | óy7s9 x 8uô|¹÷yuô³nS ْOs9r& |
|M÷r&uur, terjemahan untuk ayat di samping }¨$¨Y9$# cqè=ä{ôt Îû Ç`Ï «!$# %[`#uqøùr&3
adalah…. | ||
a | apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. | |
b. | dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. | |
c. | Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. | |
d. | Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. | |
ôxÎm7|¡sù ÏôJpt¿2 y7În/u çnöÏÿøótGó$#ur 4 ¼çm¯RÎ) tb%2 $R/#§qs?4
Ayat di atas menjelaskan perintah bertasbih, bertahmid, dan beristighfar
kepada Allah yang maha menerima….
a. | maaf | | |
b. | taubat | | |
c. | ampun | | |
d. | permohonan. | | |
Èe@|Ásù, ayat ke-2 surat Al-Kautsar menyatakan bahwa cara bersyukur y7În/tÏ9 ö ptùU$#ur5
atas nikmat Allah adalah ….
a. | salat dan berinfak |
b. | salat dan membayar zakat |
c. | salat dan berkurban |
d. | salat dan bersedekah. |
ôM¬7s?, terjemah yang tepat untuk potongan ayat di samping adalah…. !#yt 6
a. | sesungguhnya Kami telah memberikan |
b. | apabila telah datang |
c. | binasalah kedua tangan (Abu Lahab) |
d. | kelak Dia akan masuk ke dalam api. |
Èe@|Ásù, lafal yang bergaris bawah pada ayat di samping mengandung y7În/tÏ9 ö ptùU$#ur7
bacaan…
a. | ikhfa' haqiqi | | |
b. | idhar halqi | | |
c. | iqlab | | |
d. | idgham. | | |
üÏ%©!$# , lafal yang bergaris bawah termasuk contoh bacaan…. uÙs)Rr& x 8tôgsß8
a. | ikhfa' haqiqi | | |
b. | idhar halqi | | |
c. | iqlab | | |
d. | idgham. | | |
, maksud dari potongan hadis di samping adalah.... اِنَّمَا الْاَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ 9
a. | setiap amal harus disertai dengan niat. |
b. | setiap niat harus diamalkan. |
c. | setiap amal harus dengan ikhlas. |
d. | amal dan niat adalah kunci sukses. |
, pokok kandunganمَنْ اَحَبَّ اَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ 10
hadis di atas menjelaskan bahwa ….
a. | Orang yang ingin diluaskan rezekinya hendaklah bersilaturahmi. |
b. | Orang yang ingin dipanjangkan umurnya hendaklah bersilaturahmi. |
c. | Orang yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya oleh Allah maka syaratnya adalah harus selalu bersilaturahmi. |
d. | Bersilaturahmi sebaiknya dilakukan di saat Idul Fitri. |
ö/ä3s9, kalimat yang tepat untuk terjemahan ayat ke 6 surat ö/ä3ãYÏ uÍ<ur È ûïÏ11
Al-Kafiruun adalah….
a. | Katakanlah: "Hai orang-orang kafir. |
b. | untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku." |
c. | aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. |
d. | dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. |
Iw, maksud ayat tersebut adalah…. ßç6ôãr& $tB t brßç7÷ès?12
a. | Nabi Muhammad tidak menyembah apa yang disembah orang kafir. |
b. | Orang kafir tidak menyembah apa yang disembah Nabi Muhammad. |
c. | Nabi Muhammad dan orang kafir menyembah Tuhannya masing-masing. |
d. | Orang kafir tidah pernah menjadi penyembah apa yang disembah Nabi Muhammad. |
×@÷uqsù, terjemahan ayat di samping adalah… ú,Íj#|ÁßJù=Ïj913
a. | maka celakalah bagi orang-orang yang salat. |
b. | (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya. |
c. | orang-orang yang berbuat riya. |
d. | dan enggan (menolong dengan) barang berguna. |
14.Arti lafal (úïÏe$!$$Î/ Ü>Éjs3ã ) pada potongan ayat 1 surat al-Ma'un
adalah …
a. | membenarkan agama | | |
b. | menodai agama | | |
c. | mendustakan agama | | |
d. | menghancurkan agama. | | |
Nä39ygø9r&, maksud ayat di samping bahwa kita dilarang untuk…. اã èO%s3G9$15
a. | hemat dalam hal harta |
b. | menumpuk-numpuk harta |
c. | tidak tamak dalam hal harta |
d. | malas mencari harta. |
ù&tø%$#, lafal yang tepat untuk melengkapi ayat 1 surat al- ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t…16
'Alaq adalah…
a. | ,n=tãٍ |
b. | أََكْرَمُ |
c. | قَلَمْ |
d. | َ,n=y{ |
#´ö7tã , pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan .... #sÎ) # ©?|¹17
a. | Qalqalah sughra, ikhfa', mad thabi’i |
b. | Qalqalah sughra, idhar, mad thabi’i |
c. | Qalqalah sughra, iqlab, mad thabi’i |
d. | Qalqalah sughra, Idgham, mad thabi’i. |
ä's#øs9 , kalimat yang tepat untuk terjemahan ayat ke 3 surat Íôs)ø9$# ×öy{ ô`ÏiB É #ø9r&18
Al-Qadr tersebut adalah….
a. | sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan |
b. | Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? |
c. | Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan |
d. | Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. |
19. Bila seseorang beribadah qiyamul lail di bulan Ramadhan bertepatan dengan
malam lailatul qadar maka pahalanya yang diterima lebih baik dari ....bulan.
a. | sepuluh | | |
b. | seratus | | |
c. | seribu | | |
d. | seribu lima ratus. | | |
, terjemah yang tepat potongan hadis di samping adalah:وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا 20
a. | dan beliau merenggangkan antara keduanya |
b. | dan beliau menyatukan antara keduanya |
c. | dan beliau menjauhkan antara keduanya |
d. | dan beliau mendekatkan antara keduanya. |
, lafal yang bergaris bawah pada potongan hadisاَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيْمِ فِى الْجَنَّة 21
di atas mempunyai arti….
a. | Menghardik | | |
b. | menyakiti | | |
c. | memelihara | | |
d. | membiarkan. | | |
, terjemah potongan hadis di samping adalah… اِ تَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْت َ22
a. | Taatlah kepada Allah di mana saja kamu berada |
b. | Beribadahlah kepada Allah di mana saja kamu berada |
c. | Berjihadlah kepada Allah di mana saja kamu berada |
d. | Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu berada. |
lafal yang bergaris bawah mempunyai arti….وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ 23
a. | dengan akhlak yang baik | | |
b. | dengan akidah yang baik | | |
c. | dengan akhlak yang buruk | | |
d. | dengan akidah yang buruk. | | |
24.Yang termasuk ciri-ciri orang munafik menurut hadis adalah …
a. | suka bohong, selalu ingkar janji, dan khianat |
b. | setia, menepati janji, dan amanah |
c. | malas salat, kikir, dan khianat |
d. | riya', lalai salat, dan menghardik anak yatim. |
ô^ÏdyÛsù, lafal ayat yang masih acak di samping bila - $¨Br&ur - 7În/uَ- pyJ÷èÏZÎ/ِ25
disusun menjadi ayat yang benar adalah….
a. | $¨Br&ur ÏpyJ÷èÏZÎ/ y7În/u ô^ÏdyÛsù |
b. | $¨Br&ur ÏpyJ÷èÏZÎ/ y7În/u ô^ÏdyÛsù |
c. | َ7În/u ْ^ÏdyÛsù $¨Br&ur ÏpyJ÷èÏZÎ/ |
d. | ْ^ÏdyÛsù ÏpyJ÷èÏZÎ/ y7În/u $¨Br&ur |
$¨Br&ur, lafal-lafal yang bergaris bawah pada ayat tersebut @ͬ!$¡¡9$# xsù ö pk÷]s?26
mengandung hukum bacaan….
a. | Ghunnah, Idgham syamsiyah, mad wajib mutashil, mad thabi’i dan ikhfa |
b. | Ghunnah, Idgham syamsiyah, mad wajib muttashil, mad thabi’i dan iqlab |
c. | Ghunnah, Idgham syamsiyah, mad wajib mutashil, mad thabi’i dan idhar |
d. | Ghunnah, Idgham syamsiyah, mad jaiz munfashil, mad thabi’i dan idhar. |
$¨Br&ur, lafal yang bergaris bawah mengandung bacaan… ÏpyJ÷èÏZÎ/ y7În/u ô ^ÏdyÛsù27
a. | idgham bighunnagh | | |
b. | idgham bilaghunnah | | |
c. | ikhfa | | |
d. | ghunnah. | | |
öNs9r& , lafal yang tepat untuk melengkapi ayat tersebut adalah … x8ôÉgs $VJÏKt ....28
a. | ÓyÌ÷tIsù | | |
b. | ur$t«sù | | |
c. | yygsù | | |
d. | Óo_øîr'sù | | |
$¨Br'sù zOÏKuø9$# xsù ö ygø)s? 29
Dalam surat ad-Dhuha ayat di atas menempati urutan ayat ke….
a. | 8 | | |
b. | 9 | | |
c. | 10 | | |
d. | 11 | | |
30. Lafal yang berbunyi (zn<rW{$# `ÏB) adalah bagian dari surat Ad-Dhuha ayat…
a. | 3 | | |
b. | 4 | | |
c. | 5 | | |
d. | 6 | | |
31. Lafal pada surat ad-Dhuha di bawah ini yang termasuk bacaan idgham bilaghunnah adalah….
a. | ×öy{ y7©9 | | |
b. | ur$t«sù$VJÏKt | | |
c. | 3yygsù ًw!$|Ê | | |
d. | pk÷]s? | | |
È@ø©9$#ur #sÎ) 4 ÓyÖy 32
Terjemah ayat tersebut adalah….
a. | demi waktu matahari sepenggalahan naik |
b. | dan demi malam apabila telah sunyi |
c. | Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu |
d. | dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan). |
$tB, lafal yang bergaris bawah mempunyai arti…. y7tã¨ur y7/u $tBur 4 n?s% 33
a. | Tuhanmu | | |
b. | tidak meninggalkanmu | | |
c. | tidak memmbencimu | | |
d. | telah sunyi. | | |
$tB y7tã¨ur y7/u $tBur 4 n?s% 34
Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah swt ….
a. | tidak menghukum Nabi Muhammad SAW. |
b. | tidak meninggalkan dan tidak membenci Nabi Muhammad SAW. |
c. | tidak akan membiarkan Nabi Muhammad terlantar. |
d. | akan selalu melindungi Nabi Muhammad SAW. |
, terjemah sanad hadis di samping adalah … عَنْ عَبْدِاللَّهِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللّّهُ عَنْهُمَا 35
a. | dari Umar ra | | |
b. | dari Abdullah ra | | |
c. | dari Umar bin Abdullah ra | | |
d. | dari Abdullah bin Umar ra. | | |
, lafal di samping terdapat pada hadis yang artinya ... رَوَاهُ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ 36
a. | H.R Bukhari | | |
b. | H.R Muslim | | |
c. | H.R Bukhari Muslim | | |
d. | H.R Abu Dawud. | | |
37."Tangan di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah "Lafal yang tepat untuk terjemah hadis tentang keutamaan memberi adalah....
a. | وَالسُّفْلىَ هِيَ السَّائِلةُ |
b. | فاَلْيَدُالعُياَ هِيَ الْمُنْفِقَةُ |
c. | عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُماَ |
d. | اَلْيَدُ الْعُلْياَ خَيْرٌ مِنَ الْيَدِالسُّفْلىَ |
, lafal yang bergaris bawah mempunyai arti….فاَلْيَدُالعُياَ هِيَ الْمُنْفِقَةُ 38
a. | peminta | | |
b. | pemberi | | |
c. | penerima | | |
d. | pembeli. | | |
ot£gsÜB, Lafal ayat yang acak di samping bila - z`ÏiB «!$# - Aqßuٌ -$Zÿçtà¾- #qè=÷Gt 39
disusun menjadi ayat yang benar adalah….
a. | ×Aqßu z`ÏiB «!$# $ZÿçtྠZot£gsÜB #qè=÷Gt | |
b. | ×Aqßu z`ÏiB «!$# (#qè=÷Gt $ZÿçtྠZot£gsÜB | |
c. | ×Aqßu z`ÏiB «!$# (#qè=÷Gt $ZÿçtྠZot£gsÜB | |
d. | ×Aqßu z`ÏiB «!$# $ZÿçtྠZot£gsÜB #qè=÷Gt | |
$pkÏù, Ò=çGä. × pyJÍhs%40
Pada ayat ke-3 surat al-Bayyinah terdapat hukum bacaan….
a. | Mad thabi'i, dan ikhfa' | | |
b. | Mad thabi'i, dan idhar | | |
c. | Mad thabi'i, dan iqlab | | |
d. | Mad thabi'i, dan Idgham. | | |
cÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# y7Í´¯»s9'ré& ö/ãf çöy{ ÏpÎy9ø9$# 41
Pada lafal yang bergaris bawah adalah bacaan….
a. | Mad thabi'i | | |
b. | Mad 'iwad | | |
c. | Mad jaiz munfashil | | |
d. | Mad wajib muttashil. | | |
…. ª!$# öNåk÷]tã (#qàÊuur ç m÷Ztã42
Lafal yang tepat untuk melengkapi potongan ayat tersebut adalah….
a. | رَدِيَ | | |
b. | رَظِيَ | | |
c. | رَذِيَ | | |
d. | رَضِيَ | | |
cÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# y7Í´¯»s9'ré& ö/ãf çöy{ Ï pÎy9ø9$#43
Ayat tersebut adalah urutan ayat ke….dalam surat al-Bayyinah
a. | 5 | | |
b. | 6 | | |
c. | 7 | | |
d. | 8 | | |
44.Lafal (zm/u ÓÅ´yz ) adalah bagian akhir dari surat Al-Bayyinah ayat ….
a. | 5 | | |
b. | 6 | | |
c. | 7 | | |
d. | 8 | | |
45. Lafal-lafal (ûüÅj3xÿZãB,ã»pk÷XF{$#,Ï÷èt/ `ÏB , zÓÅ´yz `yJÏ9 ) adalah bagian dari suratt
Al-Bayyinah. Yang termasuk contoh bacaan iqlab adalah lafal….
a. | ûüÅj3xÿZãB | | |
b. | »pk÷XF{$# | | |
c. | مِنْ بَعْدِ | | |
d. | ÓÅ´yz `yJÏ9 | | |
46.Yang termasuk contoh bacaan mad jaiz munfashil pada lafal di bawah ini
adalah….
a. | !$tBur (#ÿrâÉDé& | | |
b. | ä!$xÿuZãm | | |
c. | ِِ7Í´¯»s9'ré& | | |
d. | ôMèdät!#ty_ | | |
47. Menurut hadis Nabi Muhammad SAW : “Apabila mati anak Adam (manusia), terputus semua amalnya, namun ada tiga perkara yang pahalanya akan terus mengalir walaupun seseorang telah mati yaitu….
a. | Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh yang mendoakan kedua orang tuanya |
b. | Infak, salat, dan puasa |
c. | Menyantuni anak yatim, haji, dan membayar zakat |
d. | Berjihad, berbakti pada orang tua, dan zikir doa. |
, maksud dari potongan hadis di samping menjelasاَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْ عُوْ لَهُ 48
kan bahwa yang dimaksud dengan anak saleh adalah….
a. | Anak yang sukses dalam prestasi kerjanya. |
b. | Anak yang durhaka pada orang tuanya. |
c. | Anak yang selalu berbakti pada kedua orang tuanya dan mendoakannya. |
d. | Anak yang merugikan orang tuanya. |
49.Di bawah ini adalah beberapa contoh yang termasuk sedekah jariyah, kecuali...
a. | Memberi hadiah | | |
b. | Membangun masjid | | |
c. | Menyantuni anak yatim | | |
d. | Menolong fakir miskin. | | |
50. Seorang muslim harus mampu menyeleksi ilmu yang bermanfaat dan tidak
bermanfaat. Salah satu contoh ilmu yang tidak bermanfaat adalah …
a. | Ilmu agama |
b. | Ilmu ramalan nasib manusia |
c. | Ilmu kedokteran |
d. | Ilmu ekonomi. |